Jumat, 16 Januari 2009

Penanganan Pascapanen Buah Segar, Sayuran, dan Bunga

Bagian I: Pemeliharaan Kualitas
Air / Kelembaban Relatif
Komoditas hortikultura segar adalah komoditas yang unik terhadap air. Pada kenyataannya, kesegaran adalah air, dan kesegaran dijual. Kehilangan air adalah salah satu penyebab utama dari kemerosotan yang mengurangi daya jual dari buah-buahan dan sayuran segar. Keuntungan dari penjualan buah segar, sayuran, dan bunga tergantung pada kemampuan memberikan untuk banyak kandungan air untuk konsumen.

Efek dari kehilangan air:
Banyak buah-buahan, sayuran, dan bunga menjadi layu setelah kehilangan air dengan persentase yang sedikit dari beratnya. Kehilangan air yang banyak akan menimbulkan kerugian, misalnya, sayuran berdaun banyak layu, memerlukan pemangkasan yang banyak sehingga mempunyai nilai jual, dan buah anggur dapat pecah dari tangkainya jika batangnya sangat kering. Buah-buahan menjadi layu, sayuran, dan bunga yang tidak punyai nilai jual (unmarketable) dan harus dibuang. Kehilangan air menggambarkan kehilangan berat yang dapat jual dan mengurangi keuntungan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kehilangan air:
Relatif kelembaban, suhu produk dan kondisi udara sekitarnya, kecepatan udara akan mempengaruhi jumlah kehilangan air dari buah-buahan segar, sayuran, dan bunga. Kehilangan air dari produk hangat ke udara hangat udara terutama sekali sangat serius pada kondisi berangin atau selama transportasi dalam kendaraan terbuka.
Menjaga kelembaban relatif tinggi
Menjaga kelembaban relatif tinggi kadang-kadang sulit karena proses pendinginang (refrigeration) akan menghilangkan kelembaban. Perangkat humidifikasi dapat digunakan dalam penyimpanan, (misalnya, spinning disc aspirators dan sejenisnya). Menjaga lantai basah juga bermanfaat tetapi juga kotor dan mengandung organisme penyakit. Oleh karena itu, prosedur sanitasi harus dilakukan, seperti pembersihan yang terus menerus, pencucian dengan larutan encer dari pemutih klorin. Pembungkusan komoditas dalam plastik film juga akan membantu menjaga kelembaban relatif tinggi.

Related Posts sesuai kategori



0 komentar: